3.4.13

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

1. Perangkat masukan

Piranti masukan (Input Device) yaitu perangkat keras computer yang memungkinkan pemasukan data kedalam system computer. Biasanya berupa : huruf, angka, gambar, suara, audio-video dan bahan gerakan.
Contoh :

a. keyboard,
b. mouse dan
c. scanner.
a. Keyboard

A. Keyboard
Keyboard adalah peralatan pemasukan yang berfungsi memasukan data, baik berupa teks, foto maupun gambar ke dalam computer. Rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh “Cristoper Latham” pada tahun 1868 dan di pasarkan pada 1877 oleh perusahaan Remington.

Jenis-jenis keyboard
1. Keyboard Qwerty (1878)
Tata letak memiliki beberapa kelemahan dan ketidak efisienan.
Misalkan :
48% dari gerakan di antara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan.
2. Keyboard Dvorak (1932)
Susunan hurufnya di susun sedemikian rupa. Sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri.
Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70% dari ketukan jatuh pada Home Row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomic).
3. Keyboard Maltron
Keyboard ini dibuat agak cekung kedalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus.
Produsen Maltron berkeyakinan bahwa paa dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari 10 jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.
4. Keyboard Alphabetik
Tombol-tombol yang ada pada keyboard Alphabetik disusun persis seperti pada tata letak Qwerty maupun Dvorak. Tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan Alphabetik. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian pengguna tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.

B. Mouse
Mouse merupakan salah satu unit masukan (Input Device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat, selain itu dapat sebagai perintah praktis dan cepat, dibanding dengan keyboard.
Jenis-jenis mouse
1. Mouse Serial
Mouse jenis ini sudah jarang digunakan, biasanya jenis mouse ini digunakan pada computer Pentium 1 dan Pentium 2.
2. Mouse PS / 2
Mouse jenis ini setingkat lebih canggih dibanding mouse serial. Konektor yang dipakai sudah lebih kecil, biasa dipakai pada computer Pentium 3 dan Pentium 4.
3. Mouse USB
Merupakan pembaruan dari mouse PS 2 sangat compatible untuk semua jenis computer karena menggunakan port.
4. Mouse Wireless
Praktis dan mudah penggunaannya karena tidak membutuhkan kabel connector. Mouse jenis ini menggunakan teknologi Wireless.

C. Scanner
Scanner adalah (Input Device) perangakat keras computer yang berfungsi mirip dengan mesin fotokopi, scanner hasilnya ditampilkan dilayar monitor computer dahulu kemudian baru dapat di rubah dan di modifikasi, sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat di simpan sebagai file teks, dokumen dan gambar.
Jenis-jenis scanner
1. Hard-Held Scanner
Scanner yang pemakaiannya menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak oleh kasir foto untuk menscan harga barang atau barcode.
2. Flatbed scanner
Scanner yang cara penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan discan di antara lensa dan cover. Jenis scanner ini banyak di pakai di kantor.
2. Perangkat proses
Perangkat proses (Central Processing Unit) yaitu bagian utama computer yang berguna untuk memproses data menjadi informasi.
Contoh :
a. Prosessor
b. Motherboard
c. Memory
d. VGA card
e. Sound card
f. LAN card
g. Wireless card

A. Prosessor
Prosessor berfungsi mengendalikan operasi computer dan melakuakan fungsi pemprosesan data.
Peralatan pendukung prosessor
* Heat sink
Heat sink berfungsi sebagai peredam panas yang di hasilkan oleh prosessor.
* Kipas prosessor
Kipas prosessor berfungsi sebagai pendingin prosessor dan Heat sink.
B. Motherboard
Perangkat utama computer yang berfungsi sebagai board (papan) untuk memasang perangkat computer lainnya.
Seperti : prosessor, Kabel data hardisk, follopy disk, VGA card, sound card, LAN card dan RAM.
C. Memory
Memory merupakan komponen penyimpan data atau perintah sementara sebelum dip proses lebih lanjut oleh prosessor.
Jenis-jenis memory
Memory di bagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Memory Internal / RAM (Random Access Memory)
RAM membantu kecepatan karja computer dan berfungsi untuk menyimpan data / program yang bersifat sementara selama computer menyala. Isi RAM akan hilang jika computer di matikan.
2. Memory Eksternal / ROM (Read Only Memory)
ROM digunakan untuk menyimpan perintah dan data secara tetap. Walaupun computer di matikan data yang dad dalam ROM tidak hilang.
Contoh : program atau perintah menghidupkan dan mematikan computer.
D. VGA card
Komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa system kedalam bahasa gambar. Kemudian informasi tersebut di tampilkan oleh monitor.
E. Sound card
Sound card berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode digital menjadi suara. Kebanyakan Sound card terintrogasi (On Broad) pada motherboard.
F. LAN card
LAN card merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan computer ke dalam jaringan menggunakan kabel UTP RJ 45.
G. Wireless card
Wireless card merupakan perangkat yang mampu menghubungkan computer ke dalam jaringan tanpa menggunakan kabel tetapi melaui Access Point.

3. Perangkat keluaran

Perangkat keluaran (Output Device) adalah perangkat yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada computer.
Contoh :
a. Monitor
b. Printer
c. Plotter
d. Audio

A. Monitror
Resolusi monitor : Ukuran resolusi ditentukan oleh jumlah pixel (berasal dari Picture Element) yang merupakan titik terkecil penghasilan tampilan di layar.
Contoh : Resolusi 1.024 x 768 berarti bahwa monitor mengandung 1.024 baris pixel dan 768 kolom pixel.
Jenis-jenis monitor
1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pada pesawat televisi.
2. Monitor LCD (Liquid Crystal Display) / layar datar LCD
Layar LCD memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi dengan ditambah cairan Kristal di antara keping tersebut.
3. Monitor plasma dan Electroluminescent
Monitor plasma (monitor plasma gas) menggunakan gas untuk mengeluarkan cahaya.
B. Printer
Jenis-jenis printer
1. Printer Impact / printer jaman dulu
Printer jenis ini sering disebut hammer, karena percetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta.
2. Printer Thermal
Untuk menghasilakan cetakan berwarna, printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin dan panas yang akan membakar titik-titik kertas tersebut.
3. Printer Ink-Jet
Printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan.
4. Printer Laser
Printer dirancang untuk main frame memiliki kecepatan sekitar 229 halaman per menit. Sedangkan printer untuk PC memiliki kecepatan sekitar 4 sampai dengan 25 lembar halaman per menit.
5. Printer Multifungsi
Memiliki berbagai fungsi lainnya, misalnya memiliki kemampuan sebagai mesin fotokopi, berfungsi sebagai scanner dan bahkan kadang-kadang sebagai mesin fax.

C. Plotter
Jenis-jenis Plotter
1. Plotter pena
Pada prinsipnya plotter pena memiliki satu pena atau sejumlah pena berwarna-warni untuk menggambar pada kertas atau plastic transparan.
2. Plotter Elektrostatik
Keluaran dibuat dengan prinsip kerja seperti pada mesin fotokopi yaitu dengan member tegangan listrik pada kertas.
3. Plotter Thermal
Menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis kemudian pin tersebut di lewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas, sehingga terbentuk gambar.

4. Plotter pemotong
Plotter jenis ini dapat sekaligus memotong Vinyl, karet, gabus dll. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaran.
5. Plotter Format Lebar
Plotter format lebar biasa di gunakan oleh perusahaan grafis, karena plotter jenis ini dapat membuat cetakan berwarna dalam kertas yang sangat lebar.
6. Audio
Piranti audio dapat menghasilkan suara digital hingga music. Piranti ini memerlukan perangkat lunak dan speaker. Melalui teknologi ini di mungkinkan untuk mengkonversi suatu teks menjadi suara.

4. Perangkat penyimpanan
Media penyimpanan adalah peralatan yang berfungsi untuk menyimpan data ,informasi serta program computer.
Hardisk yaitu media penyimpan data termasuk system operasi.
DVD / CD Drive berfungsi untuk membaca dan menulis data pada keping disk.
Keterangan read only memory (ROM), bahwa perangkat tersebut hanya mampu bisa membaca format (DVD / CD) sedangkan RW (rewritable)menunjukkan bahwa perangkat tersebut selain membaca data bisa menuliskan data ke dalam format (CD / DVD).
Floppy disk yaitu perangkat yang berfungsi untuk membaca, menulis informasi data berformat disket, saat ini keberadaan USB flashdisk.

0 komentar:

Poskan Komentar