MELAKUKAN PERBAIKAN DAN SETTING ULANG SISTEM PC
Untuk memeriksa kondisi hardware pada komputer perlu dilakukan
diagnosa. Pada komputer dikenal tiga jenis diagnosa, yaitu :
• POST (Power-On Self-Test)
• Diagnosa umum (routine)
• Diagnosa mencari dan memecahkan kerusakan
Langkah-langkah POST
Setiap kali komputer dihidupkan secara otomatis akan memulainya dengan langkah diagnosa yang dikenal
dengan POST. POST ini akan memeriksa dan
menguji semua komponen-komponen sistem. Jika saat POST terjadi problem, suatu
pesan akan disampaikan pada pengguna. Pesan tersebut dapat berupa : pesan
tampilan di layar, suara beep, atau kedua-duanya. Indikasi dari adanya masalah
sewaktu POST dinyatakan :
• Kode kesalahan : dua sampai lima digit angka
• Pesan kesalahan : pesan singkat dalam bahasa Inggris (ada beberapa pesan yang menunjukkan problemnya)
• Kode beep : suara beep berurutan
Dengan sangat
bervariasinya pabrik pembuat motherboard dan ROM BIOS maka kode beep yang
diberikan juga bervariasi artinya untuk kerusakan yang sama akan diberikan kode beep yang berbeda
yang dikarenakan adanya perbedaan pabrik pembuat ROM BIOS atau
motherboard.
Diagnosa umum
· Diagnosa ini meliputi : konfigurasi sistem, perubahan konfigurasi sistem, dan format disk.
Diagnosa mencari dan memecahkan kerusakan
· Diagnosa ini meliputi tiga kategori, yaitu :
1.
software
(bad command or file name, disk not ready, internal error, overflow).
2.
configuration
error code (configuration too large for memory, 201 error system unit, 601
parity chech x)
3.
system
lockup.
Troubleshooting Motherboard
1.
Kerusakan
pada PC terdiri dari kerusakan internal (motherboard dan komponen yang ada
didalamnya/system board) dan eksternal (power supply, keyboard, mouse, disk
drive, hardisk, dan peripheral pendukung).
2.
Kerusakan
umum yang terjadi disebabkan oleh kurang baiknya koneksi/hubungan antara
peripheral dengan motherboard.
3.
Langkah
awal yang harus ditempuh dalam memperbaiki PC adalah mengecek koneksi/sambungan
peripheral ke motherboard dan sumber tegangan.
4.
Perbaikan
motherboard PC dilakukan dengan cara memperbaiki atau mengganti bagian/komponen
yang rusak.
5. Penggantian komponen harus sesuai dengan spesifikasinya.
Troubleshooting Power Supply
Pengecekan secara umum fungsi power supply adalah:
1. Untuk jenis TX
· Jika saklar power dihidupkan, maka kipas akan berputar, tegangan
· pada soket P8 dan P9 bila diukur dengan memakai voltmeter adalah
seperti pada table 3.1. Khusus untuk signal power good jika diukur dengan
voltmeter akan bertegangan +5V sesaat kemudian turun menjadi mendekati 0V
ketika saklar power dihidupkan.
2. Untuk jenis ATX
· Jika saklar power dihidupkan atau kabel daya dicolokkan, maka kipas
diam, semua tegangan pada soket bila diukur dengan memakai voltmeter akan nol, kecuali pada pin 9 adalah
+5V sebagai sumber tegangan pada
posisi stanby. Jika pin 14 dihubungkan sesaat dengan pin 9 dengan memakai kabel, maka kipas
akan berputar, tegangan pada
setiap pin soket 20 bila diukur dengan memakai voltmeter adalah seperti pada
table 3.2. Khusus untuk signal power good jika diukur dengan voltmeter akan
bertegangan +5V sesaat kemudian turun menjadi mendekati 0V ketika power
dihidupkan.
Kemungkinan Kerusakan
• Mati total (tidak ada tegangan keluaran pada semua pin)
• Tegangan keluaran tidak stabil
• Tegangan keluaran +12V lebih besar
• Tegangan keluaran +12V drop
• Tidak ada tegangan keluaran +5V
• Tidak ada signal tegangan pada power good
Troubleshooting Keyboard
Pengecekan secara umum fungsi keyboard adalah :
1) Periksa saklar XT/AT (saklar harus pada posisi AT untuk sambungan
ke sistem AT).
2) Periksa kunci keyboard pada panel depan sistem apakah dalam kondisi
terbuka.
3)
Periksa
sambungan dan kabel keyboard apakah tersambung baik dengan sistem board.
Sambungan yang kurang baik akan menimbulkan masalah.
4) Periksa nyala LED pada keyboard selama power on apakah berkedip.
Troubleshooting Floppy Disk Drive dan Hardisk
1) Kerusakan pada floppy
disk drive
1. Sistem menampilkan direktori disket yang tidak sesuai, Sistem tidak
dapat membaca dari semua drive.
2. Salah sewaktu pembacaan disket yang ditulis pada PC yang lain.
2) Kerusakan pada hard
disk
3) Sistem tidak dapat
booting dari hard disk [ Kinerja disk menurun
1.
Kerusakan
pada disk drive dengan kode 6xx (601) atau pesan disk drive error pada proses
POST.
2.
Kerusakan
pada hardisk dengan kode 17xx (1701) atau pesan hardisk error pada proses POST.
3.
Kerusakan
disk drive secara umum terletak pada head bagian atas atau board disk drive.
4.
Kerusakan
hardisk secara umum terletak pada bad track 0 atau board hardisk.
5.
Langkah-langkah
awal yang harus ditempuh dalam memperbaiki disk drive adalah membersihkan
debu/kotoran pada head, dan mengecek koneksi/sambungan ke motherboard.
6. Perbaikan disk drive dan hardisk pada PC dilakukan dengan cara
mengganti disk drive dan hardisk yang baru bila kerusakan ada pada bagian
board, head, atau piringan.
Sekian dulu postingan ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Dan terima
kasih sudah mampir ke blog saya. Jangan lupa, sebelum anda meninggalkan blog saya
alangkah baiknya jika anda meninggalkan komentar.
mantap gan... :)
BalasHapus